Sikap , sifat , haruskah berubah. .?

Sering   permasalahan yang terjadi dalam hidup adalah diakibatkan karena Sikap !
karena sikap lah membuat  manusia bahagia dan sukses.
Karena sikap pula lah yang membuat manusia sedih, kecewa, sengsara dan gagal.

Tapi sering sekali manusia tidak menyadari hal ini. Bahkan, walaupun sudah mengetahui bahwa sikap itu tidak layak dipertahankan, tapi tetap saja manusia tersebut tidak mau berubah.

Banyak anggapan ,sikap.  dan sifat itu tidak bisa berubah . Apalagi orang yang sudah dewasa, beranggapan bahwa hal ini tjidak perlu dirubah karena cenderung sudah berumur. Dan biasanya ,orang ini mempunyai sikap keras kepala.

 

Apa yang harus dilakukan?

Menyadari  kekurangan diri sendiri. Itu yang pertama.  Yang kedua harus memahami apa akibatnya yang terjadi bila  sifat dan sikap tetap dipertahankan. Yang ketiga, harus menyadari bahwa manfaat  yang didapat bila itu diperbaiki

Dan bila dalam hubungan perkawinan hal ini tetap dipertahankan, maka sering terjadi akan timbul perselisihan terus menerus.

Ya, perilaku ini sering membuat orang lain tidak  nyaman berhubungan dengannya.

Dan merasa semua itu sudah telanjur  dan tidak bisa dirubah, bukanlah sikap yang bijaksana. Karena akan menjadikan kita manusia yang egois.

Dan penyesalan atas akibat sikap dan sifat buruk yang tetap dipertahankan tidak akan ada gunanya, karena dunia ini tidak bisa ditarik mundur, begitu juga hati manusia yang telah tersakiti .

Apakah Anda termasuk dalam kategori itu?

 

Surabaya 4 Januari 2015