JADIKAN HIDUP LEBIH BERKUALITAS

Satu hari adalah 24 jam . Tidak lebih. Aktifitas yang harus  Anda lakukan bisa beragam. Bekerja, belajar,  berolahraga, mengurus keluarga.  Anda Juga harus meningkatkan kemampuan diri setiap hari. Apakah Anda sering merasa waktu Anda setiap hari selalu kurang ?

Apakah Anda pernah berpikir, “ Andai setiap hari ada 40 jam , maka aku bisa mengerjakan semuanya dengan baik. Tidak seperti sekarang . Berantakan “ . Atau Anda sering mengkambing hitamkan waktu yang hanya 24 jam itu karena merasa terlalu banyak yang harus dikerjakan sehingga pekerjaan Anda tidak maksimal?. Atau Anda sering mengeluh  kepada pimpinan Anda bahwa terlalu banyak  yang tugas harus diselesaikan sementara jam kerja hanya 8 jam sehari.

Nah, jika hal ini yang Anda rasakan, tentu ini sebuah permasalahan.

Setiap orang didunia punya waktu yang sama. Orang sukses, orang malas, orang sibuk, orang penuh waktu luang juga punya waktu yang sama, 24 jam.Lalu apa yang membedakan seseorang bisa berhasil atau tidak dalam sehari ? Jawabannya adalah pengelolaan waktu. Bagaimana seseorang mengatur waktunya seoptimal dan seefisien mungkin . Kita tidak bisa me memutar kembali untuk waktu hidup kita. Untuk itu, buatlah hidup Anda lebih berisi, kerkualitas dan bermanfaat.

Setidaknya untuk diri Anda sendiri.

Bagaimana caranya? Seperti apa wujud pengaturan yang dilakukan agar hidup kita lebih berkualitas?

 

KEMAUAN MEMILIKI HIDUP BERKUALITAS

Dengan adanya kemauan, memiliki hidup yang berkualitas, , maka ada usaha untuk mendapatkannya. Jelas ada  aturan yang harus ditaati . Orang yang tidak mengikuti aturan / semaunya saja, akan terlihat tidak sebaik orang yang memelihara kualitas hidupnya.

 

PENGATURAN WAKTU

Tuliskan aktivitas rutin setiap hari dan durasi waktunya. Misal, bekerja dengan durasinya sekitar 8 jam. Perjalanan pulang pergi rumah sekitar 2 jam. Makan , minum , mandi, sekitar 1 jam. Tidur 6 jam. Dan juga dituliskan sejumlah aktifitas lainnya. Setelah selesai ditulis, coba diperhatikan satu persatu kegiatan Anda. Jika masih banyak waktu luang, tambahkan durasi kegiatan yang bisa meningkatkan kulitas hidup. Misalkan bermain bersama anak, meningkatkan keahlian , ataupun ibadah. Namun  bila setelah Anda   daftar, kegiatan sehari hari Anda membutuhkan waktu lebuh dari 24 jam,maka kurangilah kegiatan yang sekiranya membuat Anda  lalai dan terlalu lama bersantai tanpa peningkatan kualitas hidup. Seperti perjalanan pulang pergi kekantor yang awalnya sekitar 1 jam  menjadi setengah jam dengan cara berangkat lebih awal sehingga tidak terjebak kemacetan.

Upayakan mematuhi jadwal harian yang  telah anda susun sendiri  sehingga akan terbiasa selalu tepat waktu.

 

PERCEPAT JAM KERJA

Bayangkan apa yang bisa Anda kerjakan jika Anda bisa pulang lebih cepat dari kantor.Anda bisa melakukan sesuatu yang Anda sukai. Anda bisa mengistirahatkan pikiran lebih cepat.  Anda bisa bersantai dalam perjalanan pulang. Ada banyak hal. Jika Anda bertekad ingin pulang lebih cepat dari waktu  yang biasanya, Anda akan menggunakan waktu kerja dengan sebaik-baiknya. Karena tekad inilah biasanya kita akan menetapkan deadline yang lebih cepat pula, dan menghilangkan hal-hal yang memakan waktu, seperti interupsi tak penting, menunda, atau bersantai.

 

HINDARI MULTI TASKING

Bila kita terbiasa mengerjakan sesuatu secara bersamaan, otak butuh waktu dua kali lebih lama untuk memproses suatu hal. Otak butuh waktu untuk kembali berkonsentrasi saat Anda pindah memikirkan  tugas lainnya padahal tugas yang satu belum terselesaikan. Dengan belajar berfokus pada satu tugas satu persatu, Anda bisa mempersingkat waktu kerja.

 

PAKAI SATU ALAT.

Sering orang mencatat segala hal diberbagai alat. Di buku, di smartphone, planner, note book atau dikertas. Hal inilah yang akan membuat susah sendiri, yang akhirnya penyakit ‘lupa ‘ akan muncul. Bingung apa yang harus dikerjakan karena bingung meletakkan catatan. Pilih saja salah satu alat.  Buatlah prioritas pekerjaan. Dimulai setiap harinya dari hal yang  paling penting ,jangan yang paling mudah atau tugas kecil. Anda bisa menyelipkan tugas – tugas kecil diantara tugas –tugas penting. Mampu menaklukan tugas penting di pagi hari, bisa membantu Anda merasa lebih baik menjalani hari.

 

JADWALKAN SATU KEGIATAN YANG MENYENANGKAN SETIAP MINGGUNYA

Pikirkan aktivitas yang Anda sukai , baik itu membaca, bermain gitar, menari, apapun yang sudah lama tidak Anda lakukan, padalah sebenarnya hal itu yang membuat Anda lebih senang. Masukkan kejadwal mingguan sebagai salah satu jadwal yang tidak bisa dinegosiasikan dan harus dilakukan.

 

Dan, perhatikan…..betapa kualitas hidup Anda berubah  ..

 

 

Kompas, 17 Juni 2017

Add comment


Security code
Refresh