LANGKAH CERDAS MERAIH GAJI BESAR

Diterbitkan oleh : KompasĀ 
Pada tanggal : 30 September 2017

MENDAPATKAN pekerjaan saat ini tidaklah semudah membalik telapak tangan. Tuntutan untuk menjadi karyawan yang bisa dipercaya dan mampu melakukan tugas dengan benardan tepat sudah jadi persyaratan utama disetiap perusahaan. Dipercaya, tidak hanya menguasai pekerjaan, tatapi juga mempunyai sifat dan sikap profesional.

Sikap dan sifat itulah yang antara lain bakal mendongkrak posisi dan gaji. Lantas bagaimana bentuk nyatanya? Simak beberapa hal berikut ini.

Dahulukan kewajiban terlebih dahulu. Melamar pekerjaan berarti mengisyaratkan Anda siap bekerja lahir dan batin. Wujudnya antara lain dengan mampu memberikan prestasi kerja maksimal terlebih dahulu, bukan mematok minimal gaji yang didapat. Gaji Anda akan mengikuti prestasi yang diukir.

Perilaku kerja yang baik adalah yang sesuai dengan etika kerja. Ikuti dan lakukan etika kerja yang berlaku dikantor. Misalnya, dalam hal penggunaan telepon dan komputer, berkomunikasi antar pegawai atau dengan atasan efisien kerja, ataupun jam kerja.tunjukkan apresiasi Anda terhadp regulasi kantor. Tidak semua kantor memiliki etika atau aturan kerja yang sama.

Masuk dan keluar kantor pada waktunya. Dedikasikan diri pada pekerjaan. Datanglah lebih awal dan pulanglah dengan tidak tergesa-gesa. Jangan sampai Anda datang paling terakhir ataupun pulang paling awal. Jaga track record kehadiran Anda.

Kenakan pakaian yang sesuai. Jangan pernah mengenakan pakaian yang akan menimbulkan opini negatif. Ikuti aturan cara berpakaian dan berpenampilan. Ingat, penampilan mencerminkan kualitas perusahaan. Jadi, penampilan Anda bisa mencerminkan nama baik perusahaan. Kebersihan tubuh mencerminkan pribadi Anda. Jangan heran bila Anda akan dikeluarkan karena Anda tidak bisa menjaga kebersihan diri dan kerapian penampilan.

Selesaikan tugas tepat waktu. Kemampuan Anda menyelesaikan tugas dan masalah pada waktunya memberikan kesan kinerja yang teratur. Perlihatkan bahwa Anda mempu melakukan tugas-tugas secara efektif. Jangan bekerja cepat, tetapi hasilnya terkesan asal-asalan.

Hadapi masalah dengan bijaksana. Jangan anggap sepele kesalahan Anda atau menyalahkan orang lain. Perlihatkan bahwa Anda bertanggung jawab dan memberi solusi atas masalah tersebut. Jangan pernah menyalahkan rekan kerja bila Anda juga mengikuti cara kerja negatifnya. Mengikuti perilaku negatif rekan kerja membuktikan Anda tidak mempunyai mental positif.

Bekerja dengan terencana. Buatlah jadwal pekerjaan sebelum memulai hari baru. Koreksi evaluasi setiap pekerjaan yang sudah dilakukan. Penyakit lupa sering dipelihara karena kurangnya kedisiplinan diri dan tanggung jawab. Kembangkan rasa memiliki sehingga Anda pun semangat untuk memakai dan memelihara barang-barang kantor dengan baik dan terpacu untuk memajukan usaha kantor Anda melalui kinerja dan prestasi kerja.