TUBUH SEHAT DAN INDAH DIUSIA 40 +

Diterbitkan oleh : Kompas 
Pada tanggal : 18 November 2017

Semua orang , selalu ingin terlihat terus menakjubkandi usia 40 tahun keatas. Biasanya, semakin bertambah usia, semakin kerutkerutan timbul, tubuh sudah tidak terlihat proposional lagi. Apalagi sebagaiwanita, bila sudah melahirkan, biasanya akan kebingungan dalam menurunkan beratbadan yang sulit kembali turun.  Tubuhproposional, adalah dambaan semua orang. Tapi mengapa , banyak pula usia yangmasih remaja, lemak lemak di tubuh sudah banyak terlihat dan tubuh sudah mulai mekar?

Nah, kalau sudah begitu, segala macam  cara untuk mengembalikan tubuh proposionalakan dicari. dari alat pelangsing badan, vitamin pelangsing,  sampai kepada diet yang super super kerasdicoba. Pada saat  berat badan berhasilturun, tapi mengapa pikiran jadi stress, tubuh jadi loyo, wajah pucat , bahkansampai energi semangat hidup berkurang. Dan akhirnya, kita kembali kepada kebiasaan  semula, memakan makanankesukaan yang kadar nya justru lebih banyak dari sebelum diet.

 

Apa yang harus dilakukan kalau begitu?

Perlu diketahui, di usia 40 tahun keatas, metabolismetubuh melambat dan lemak lebih gampang menumpuk. Karena itu yang lebih dibutuhkanadalah konsistensi usaha keras dan sikap realistis agar tubuh tetap sehat danbugar.

Coba tanamkan dalam pikiran Anda, bahwa menginjak usia40 – an, bukan lagi badan seksi yang Anda kejar, melainkan berat badan seimbangagar tetap sehar dan tulang kaki dapat menyangga tubuh dengan baik. Bilahasilnya terlihat seksi, anggap saja itu bonus ! satu hal perlu diingat, tidakada kata terlambat mencapai kesuksesan , termasuk kesuksesan mendapatkan tubuhproposional dan sehat.

Menopause = Usia rawan

Memasuki masa perimenopause hingga menopause adalahusia rawan berat badan melonjak tinggi. karena kerja metabolisme menurun drastis.Perlu perhatian terhadap asupan makanan dan gerak badan saat berada diusiarawan ini.

Lingkar pinggang = kondisi kesehatan

Idealkah tubuh Anda ? coba ukur lingkar pinggang Anda.Bila kurang dari 80 cm, berarti berat badan Anda masih normal. Sebab, jumlahlemak di perut dan pinggang menggambarkan kondisi kesehatan Anda. Mulailahberdiet bila lingkar pinggang Anda memasuki angka 80.

Jangan ngoyo

Bila Anda melakukan diet tanpa pengawasan dokter, makanormalnya dalam sebulan berat badan cukup turun maksimal 2 kg. bila lebih dariitu , sudah tidak sehat lagi.

Olahraga wajib hukumnya

Olahraga dan memperhatikan asupan gizi adalah dua halyang tidak bisa dipisahkan . Sebab , lemak tidak akan terbakar sempurna tanpaberolahraga. Setelah usia 40 –an, tubuh memang berubah : massa otot dankepadatan tulang berkurang. Olahraga yang disarankan adalah  jenis lowimpact, seminggu minimal 3 kali. Berjalan kaki selama 30 menit dalam seharidisertai kena panas matahari pagi sebelum jam 9, sangatlah bagus. Saya sudahmelakukan ini sejak remaja.

Berbahagialah !

Kebanyakan wanita stress menghadapi menopause ataupertambahan usia. Perasaan depresi tersebut kian mengganggu kerja metabolisme.Tak ada salahnya Anda belajar  untukmenikmati anugerah alam ini dengan ikhlas tanpa harus berupaya keras untuktetap kencang seperti anak gadis. Selain itu, kebanyakan wanita diatas 40biasanya terlalu fokus pada masalah pekerjaan atau rumah tangga, sehingga kerapterlupa pada hal-hal yang sesungguhnya bisa membuat Anda tertawa atautersenyum. Lakukan segala hal yang bersalah pada gula dengan menyantap es krimbersama anak.

Yang terpenting, syukuri hidup Anda dengan caramerawat  tubuh yang sudah diberikan olehsang pencipta,  banyak lah tersenyum,jadikan diri kita bermanfaat untuk sesama, selalu berikanlah sikap positif kepada orang lain, maka Anda akan merasahidup ini lebih bermakna, karena pikiran Anda yang selalu positif……